ABSTRAK
Teknologi
menjadi kebutuhan setiap manusia saat ini, ditambah teknologi yang semakin hari
semakin canggih membuat setiap manusia ingin memiliki. Teknologi menjadi terasa
begitu dekat dengan manusia karena memudahkan manusia dalam melakukan sesuatu.
Tidak hanya itu, teknologi sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang
sehingga setiap orang sekarang seolah-olah berlomba-lomba mendapatkan teknologi
yang tercanggih dari yang lainnya. Hal yang paling umum digunakan saat ini oleh
masyarakat banyak dari berbagai umur adalah handphone dan internet. Dua
teknologi itu ternyata sangat memberikan pengaruh banyak ke dalam kehidupan
manusia serta perkembangan terhadap anak. Zaman memang terus berkembang pesat.
Berbagai kemajuan dan kemutakhiran teknologi turut mengikuti setiap laju
perkembangan zaman. Dan semua itu berdampak pada perubahan gaya hidup manusia,
termasuk dalam bidang pendidikan. Tak heran jika gaya hidup anak sekolah
sekarang juga berubah dari tahun ke tahun, menyesuaikan dengan perkembangan
zaman dan teknologi tadi. Hal itu terjadi bukan hanya pada anak sekolah di kota
saja, tetapi menyentuh sampai ke pelosok desa.
BAB I
PENDAHULUAN
Manusia yang hidup di jaman sekarang
ini berada pada masa yang serba canggih, banyak informasi dari belahan dunia
manapun bisa di akses dengan mudah hanya dengan alat atau barang elektronik
yang mempunyai fungsi khusus. Sangat menguntungkan memang bisa melakukan
aktivitas seperti browsing-browsing atau berselancar di dunia maya hanya
dengan sebuah perangkat canggih yang bisa dengan mudah kita operasikan.
Perangkat gadget ini pun juga sudah menjamur di lingkungan kita bahkan
pengguna usia anak-anak pun sudah bisa mengaksesnya.
Dalam kehidupan sehari-hari tentunya
kita melihat bermacam-macam jenis gadget yang hampir digunakan oleh semua kaum
remaja.Gadget sangat berperan penting bagi kehidupan manusia guna untuk
berkomunikasi, memperbanyak relasi, menambah wawasan dan pengetahuan,
pendidikan, bisnis. Namun disisi lain terjadi hal yang berlawanan disebabkan
oleh faktor keteledoran pemakainya atau kekurang tepatan dalam memanfaatkan
fungsi yang sebenarnya.
Remaja pada zaman modern tentunya
tidak ingin di judge sebagai orang gaptek, yang terlihat biasanya
remaja kini membawa gadget kemanapun mereka pergi. Bahkan murid-murid
sekolah terlambat masuk sekolah gara-gara main game online,
menghilangkan stress, galau, kebosanan dengan gadget. Wah, gadget
menurut mereka bisa dibilang sudah menjadi gaya hidup mereka sehari-hari,
statement yang biasanya mereka bilang “Nggak bisa hidup dan terlepas
dari gadget, rasanya berat kalau gak ada gadget yang di genggam”
Perkembangan teknologi berlangsung
secara evolutif. Sejak zaman Romawi Kuno pemikiran dan hasil kebudayaan
telah nampak berorientasi menuju bidang teknologi. Akibat dari munculnya
teknologi seperti gadget maka semakin mudah pula orang untuk
berinteraksi dengan rekan lintas Negara. Karena semakin mudah untuk berinteraksi
maka terjadilah globalisasi.
A. PENGERTIAN
Definisi
Gadget Menurut Wikipedia, Gadget (Bahasa Indonesia: acang) adalah suatu istilah
yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau
instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang
umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. Gadget dalam pengertian umum
dianggap sebagai suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus pada
setiap perangkatnya. Contohnya: komputer, handphone, game konsole, dan lainnya.
Gadget
adalah sebuah obyek (alat atau barang elektronik) teknologi kecil yang memilki
fungsi khusus, tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang
baru. Gadget selalu diartikan lebih tidak biasa atau didesain secara lebih
pintar dibandingkan dengan teknologi normal pada masa penemuannya. Gadget
kadang juga disebut dengan gizmos.[1]
1.
Masalah-masalah yang ditemui
Kita sebut saja juga masalah-masalah
umum yang kita temui tiap harinya yaitu pencurian, apalagi gadget bisa
digunakan untuk menyebarluaskan contekan untuk siswa-siswi di sekolah, beredarnya
foto dan video asusila, pembuatan video asusila yang dibuat oleh beberapa oknum
siswa, resiko kecelakaan pada saat berkendara.
Secara tidak sadar saat ini manusia
sudah mengalami ketergantungan (konsumerisme) dengan gadget, dan itu
sudah menjadi salah satu dampak negatif adanya gadget. Terbayang tidak
jika kalian harus berpisah dengan handphone dalam waktu 1 hari saja, pasti ada
perasaan yang mengganjal.
Variasi gadget yang
bermacam-macam kadang juga menimbulkan rasa minder atau iri yang mengakibatkan
adanya kelompok-kelompok atau gank berdasarkan gadget yang dimiliki.
Ambil contoh saja dalam sebuah komunitas ada yang punya Blackberry dan
selebihnya hanya HP china murahan dengan fitur seadanya, bisa bayangkan sendiri
kan yang terjadi. Karena adanya rasa tidak puas terhadap gadget yang
dimiliki, maka kaum remaja selalu membeli lagi gadget versi terbaru dan
membeli lagi gadget yang lebih baru lagi dengan berbagai alasan seperti
gengsi jika tidak mengikuti perkembangan jaman, karena lingkungan yang
menerapkan budaya konsumerisme, karena kurangnya kasih sayang sehingga
menghibur diri dan menyibukkan diri dengan berbagai berbagai gadget yang
ada, dan itu semua dapat ditutupi dengan alasan “sebagai penunjang dalam
memenuhi kebutuhan remaja”.
Parahnya lagi tidak ada batasan umur
untuk pengguna gadget, mulai dari anak kecil sampai orang tua bisa kita
lihat memiliki handphone, karena akses informasi yang mudah tanpa filter
akibatnya anak-anak dibawah umurpun mampu mengakses informasi yang seharusnya belum
boleh diakses seperti pornografi. Apalagi saat ini harga barang-barang gadget
yang beredar dipasaran sudah terjangkau bahkan untuk ukuran kantong anak
sekolah. Tentunya tak lama lagi gadget-gadget canggih ini akan menyebar
luas disetiap kalangan dan tak akan terbendung lagi[2].
2. Proses
masuknya Gadget di kalangan remaja
Proses
masuknya gadget di kalangan remaja dengan berbagai faktor, Saat ini
Perkembangan Dunia Teknologi peranti lunak sudah menembus sampai ke tingkat
pedesaan, hal ini merupakan sebuah kemajuan khususnya di bidang Teknlogi
Informasi. Bayangan, penduduk didaerah pedesaan sangat banyak memakai
Smarphone, android , I-Pad, Laptop dan lan sebagainya. Sehingga memudahkan
mengakses dunia Informasi.
Bandingkan,
pada masa lalu Instrumen semacam itu hanya dimiliki oleh kalangan menengah
keatas dan hanya di kawasan Kota-kota besar, Dapat dikatakan orang desa sangat
jarang memiliki Gadget sehingga kemajuan meninggalkan mereka. Baik ketinggalan
Informasi, perkembangan cakrawala, dan ketinggalan berita peristiwa yang
terjadi didaerah lain dan belahan bumi lainnya.
Gadget
masuk di kalangan remaja dengan perlahan dan tidak disadari oleh remaja
yang menjadi korban perkembangan gadget, alasan yang sangat klasik dari
seseorang yang di wawancarai seputar perkembangan gadget yang marak di kalangan
remaja, Menurutnya gadget bukan hanya sebagai wahana atau media komunikasi tapi
di jadikan sebagai ajang bergangsi yang menuntut semua remaja untuk selalu
mengikuti tren baru dari maraknya gadget atau gadget di jadokan sebagai
life style yang menyebabakan kesenjangan ssial terjadi di kalangan ekonomi
bawah,menengah,dan ekonomi atas.[3]
3. Pengaruh
negatif dari perkembangan Gadget
Dengan
berkembangnya gadget di semua kalangan terutama dikalangan remaja mengakibatkan
banyaknya kerugian dari segi kehidupan, seperti dampak penggunaan gadget
terhadap kesehatan, hilangnya budaya akibat maraknya gadget, sosialisasi tidak
sempurna dan banyak orang yang merugi akibat penipuan dan lain lain. Berikut
akan di kemukakan beberapa kerugian dari aspek kehidupan.
a) Segi
kesehatan
ü Peningkatan
resiko kanker dari penggunaan ponsel karena radiasi yang di berikan.
ü Penggunaan
ponsel lebih dari 30 menit bisa mengakibatkan ketulian (acoustik neourema).
ü Penggunanaan
cahaya atau pencerahan maksimal secara berkala pada ponsel,komputer,
tablet dan lain bisa mengakibatkan perih pada mata dan lebih parahnya bisa
menimbulkan rabun dekat.
b) Segi
budaya
ü Lunturnya
adat atau kebiasaan yang berlaku di daerah tersebut krena kesibukan menggunakan
gadget.
ü Masuknya
budayabarat secara perlahan tanpa adanya filterasi dari mereka yang mengikuti.
ü Hilangnya
rasa nasionalisme dan lebih cinta pada prodak asing.
ü Konsumerisme
c) Segi
sosial
ü Cenderung
autis atau asyik dengan gadgetnya sendiri sehingga tidak memperhatikan hal-hal
yang ada disekitarnya.
ü Malas
belajar/kurangnya perhatian terhadap pelajaran
ü Malas bantu
orangtua
ü Tidur sampai
larut malam (baca BBM,sms,telfon,online)
ü Cenderung
tidak bisa mengkontrol diri sendiri akibat sosialisasi yang terjadi secara
tidak langsung
ü Bakal lupa
waktu. Kalau tidak bisa atur waktu
ü Informasi
yang begitu terbuka, sehingga Anak dapat membuka informasi yang negatif seperti
seks dan pornografi
ü Sekolah
diduakan[4]
ü Lebih
banyak konflik yang terjadi dan tidak ada upaya untuk menyelesaikan masalah.
ü Cenderung
cepat bosan ketika ada orang yang menasehati.
ü Banyak
mengeluh ketika sbanyak masalah.
ü Egois
tidak tekendali
ü Orang-orang
disekitanya selalu dijadikan korban kemarahannya.
ü Orang
yang yang banyak bergaul dengan gadget hidupnya sedikit tidak teratur.[5]
d) Segi
ekonomi
Banyak
terjadi kerugian akibat perkembangan gadget di bidang ekonomi seperti adanya
atau banyaknya penipuan, keuangan tidak stabil di setiap keluarga akibat harus
memenuhi keinginan anaknya membeli gadget terbaru. Dan masih banyak lagi
kerugian yang diakibatkan oleh perkembangan gadget tanpa di sadarii dari segi
keilmuan.
e) Segi
Agama
ü Jarang
Solat
4. Pengaruh
positif dari perkembangan gadget
Dengan
perkembangan gadget yang begitu cepat dan tidak terkendali sehingga banyaknya
sisi negatif yang di timbulkan seperti yang telah di kemukakan di atas, di sisi
lain tidak hanya dampak negatif saja yang di timbulkan tetpai ada sisi positif
yang di timbulkan dari perkembangan gadget, seperti berikut ini:
ü Anak
yang bergaul dengan dunia gadget cenderung lebih kreatif
ü Mudahnya
melakukan akses ke luar negeri.
ü Manusia
menjai lebih pintar berinovasi akibat perkembangan gadget yang
menuntut mereka untuk hidup lebih baik.
ü Dapat
menghubungi teman, keluarga, dengan gampang walaupun jauh kapanpun dan dimana
saja berada
ü Dapat
bertukar pikiran dengan orang lain secara mudah walaupun jarak jauh
ü Bisa
nonton,dengar,download video/music secara gratis tanpa membuang banyak uang
ü Mencari
informasi tentang pelajaran-pelajaran yang belum diketahui dengan mudah
ü Untuk
melihat perkembangan dunia
ü Menyalurkan
bakat dan hobi[6]
5. Peran
Orang Tua
ü Memberi
Pengertian
ü Menjadi
Gerbang Teknologi
ü Mengakomodasi
Kesenangan Anak
ü Batasi
Waktu Pemakain Gadget
ü Keterbukaan
komunikasi
ü Orang
tua harus terlibat dengan anak saat online[7]
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Kalangan
remaja khususnya siswa-siswi menganggap gadget sebagai kebutuhan primer dalam
kehidupan sehari-hari karena adanya kebiasaan yang dilakukan dengan menggunakan
gadget sehingga menjadi membudaya. Remaja melakukan konsumerisme gadget karena
untuk memenuhi kebutuhan, namun pada kenyataan yang ada justru hanya untuk
mendapatkan prestise yang tinggi, mengikuti perkembangan jaman dan korban
teknologi. Gadget dapat sangat berguna jika memang digunakan sesuai dengan
kegunaan yang sesungguhnya dan juga jika digunakan dengan porsi yang benar.
Karena konsumerisme dapat terjadi persaingan dan kesejangan social didalam
masyarakat Remaja masa kini belum dapat menggunakan gadget secara maksimal.
DAFTAR PUSTAKA
Dyaniz,
Pengaruh Perkembangan Gadget Terhadap
Remaja. http://webdyaniz.blogspot.com/2013/03/pengaruh-perkembangan-gadget-terhadap.html diakses
pada Minggu, 22 Desember 2013, pukul 23.11 WIB
Jesica
Suyanto, Dampak Konsumerisme Gadget Di
Kalangan Remaja. http://jesicasuyanto.blogspot.com/2013/01/dampak-konsumerisme-gadget-di-kalangan.html.
Diakses pada Minggu, 22 Desember 2013, pukul 20.45 WIB
Kizzi,
Artikel Tenteng Teknologi Dilihat dari
Dampakyang Ditimbulkan Remaja. http://www.kizzio.com/333-artikel-tentang-teknologi.htm.
Diakses Pada Sabtu, 28 desember 2013, pukul 12.11 WIB
Okaliana, Gadget Freak – Positif VS Negatif Gadget
Bagi Remaja. http://okalina.com/positif-dan-negatif-gadget-freak.php3.
Diakses pada Sabtu, 21 Desember 2013, pukul 09.32 WIB
Rumah
Sakit Mitra Keluarga, Dampak Negatif
Teknologi Gadget Terhadap Proses Perkembangan Anak. http://www.mitrakeluarga.com/surabaya/dampak-negatif-teknologi-gadget-terhadap-proses-perkembangan-anak/
diakses pada Selasa, 26 November 2013, pukul 23.20 WIB
[1]Dyaniz, Pengaruh Perkembangan Gadget Terhadap Remaja. http://webdyaniz.blogspot.com/2013/03/pengaruh-perkembangan-gadget-terhadap.html diakses pada
Minggu, 22 Desember 2013, pukul 23.11 WIB
[2]Jesica suyanto, Dampak Konsumerisme Gadget Di Kalangan Remaja. http://jesicasuyanto.blogspot.com/2013/01/dampak-konsumerisme-gadget-di-kalangan.html. Diakses pada Minggu, 22 Desember
2013, pukul 20.45 WIB
[3]Dyaniz, Pengaruh Perkembangan Gadget Terhadap Remaja. http://webdyaniz.blogspot.com/2013/03/pengaruh-perkembangan-gadget-terhadap.html diakses pada
Minggu, 22 Desember 2013, pukul 23.11 WIB
[4]Kizzi, Artikel Tenteng Teknologi Dilihat dari Dampakyang Ditimbulkan Remaja.
http://www.kizzio.com/333-artikel-tentang-teknologi.htm. Diakses Pada Sabtu, 28 desember
2013, pukul 12.11 WIB
[5]Okaliana, Gadget Freak – Positif VS Negatif Gadget Bagi Remaja. http://okalina.com/positif-dan-negatif-gadget-freak.php3. Diakses pada Sabtu, 21 Desember
2013, pukul 09.32 WIB
[6]Jesica suyanto, Dampak Konsumerisme Gadget di Kalangan Remaja. http://jesicasuyanto.blogspot.com/2013/01/dampak-konsumerisme-gadget-di-kalangan.html. Diakses pada Minggu, 22 Desember
2013, pukul 20.45 WIB
[7]
Rumah Sakit Mitra Keluarga, Dampak Negatif Teknologi Gadget Terhadap
Proses Perkembangan Anak. http://www.mitrakeluarga.com/surabaya/dampak-negatif-teknologi-gadget-terhadap-proses-perkembangan-anak/ diakses pada Selasa, 26 November
2013, pukul 23.20 WIB
hay, saya pradhita. kalo saya mau memasukkan artikel saya ke blog kamu bisa atau tidak ya? kalo boleh saya minta kontak kamu, dan ini email saya pradhita_wulandari@yahoo.com
BalasHapusterimakasih :D
Iyaa, boleh saja..
Hapusterimakasih ilmunya
BalasHapusSama2 🙏
HapusBavetlineOke Dapat Credit 100K Dengan Membayar 70K Saja !!
BalasHapusPrediksi Sunderland Vs Manchester United 09 April 2017
Daftarkan Dengan Kode Referall “ BAVETJ 02 “ Anda Deposit 70K Dapat 100K Hanya Di
( BAVETLINEOKE.COM ) / http://bavetline88.com/