Rabu, 12 Februari 2014

Dampak Teknologi Gadget Terhadap Perkembangan Remaja


ABSTRAK
Teknologi menjadi kebutuhan setiap manusia saat ini, ditambah teknologi yang semakin hari semakin canggih membuat setiap manusia ingin memiliki. Teknologi menjadi terasa begitu dekat dengan manusia karena memudahkan manusia dalam melakukan sesuatu. Tidak hanya itu, teknologi sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang sehingga setiap orang sekarang seolah-olah berlomba-lomba mendapatkan teknologi yang tercanggih dari yang lainnya. Hal yang paling umum digunakan saat ini oleh masyarakat banyak dari berbagai umur adalah handphone dan internet. Dua teknologi itu ternyata sangat memberikan pengaruh banyak ke dalam kehidupan manusia serta perkembangan terhadap anak. Zaman memang terus berkembang pesat. Berbagai kemajuan dan kemutakhiran teknologi turut mengikuti setiap laju perkembangan zaman. Dan semua itu berdampak pada perubahan gaya hidup manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Tak heran jika gaya hidup anak sekolah sekarang juga berubah dari tahun ke tahun, menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi tadi. Hal itu terjadi bukan hanya pada anak sekolah di kota saja, tetapi menyentuh sampai ke pelosok desa.



BAB I
PENDAHULUAN

Manusia yang hidup di jaman sekarang ini berada pada masa yang serba canggih, banyak informasi dari belahan dunia manapun bisa di akses dengan mudah hanya dengan alat atau barang elektronik yang mempunyai fungsi khusus. Sangat menguntungkan memang bisa melakukan aktivitas seperti browsing-browsing atau berselancar di dunia maya hanya dengan sebuah perangkat canggih yang bisa dengan mudah kita operasikan. Perangkat gadget ini pun juga sudah menjamur di lingkungan kita bahkan pengguna usia anak-anak pun sudah bisa mengaksesnya.
Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita melihat bermacam-macam jenis gadget yang hampir digunakan oleh semua kaum remaja.Gadget sangat berperan penting bagi kehidupan manusia guna untuk berkomunikasi, memperbanyak relasi, menambah wawasan dan pengetahuan, pendidikan, bisnis. Namun disisi lain terjadi hal yang berlawanan disebabkan oleh faktor keteledoran pemakainya atau kekurang tepatan dalam memanfaatkan fungsi yang sebenarnya.
Remaja pada zaman modern tentunya tidak ingin di judge sebagai orang gaptek, yang terlihat biasanya remaja kini membawa gadget kemanapun mereka pergi. Bahkan murid-murid sekolah terlambat masuk sekolah gara-gara main game online, menghilangkan stress, galau, kebosanan dengan gadget. Wah, gadget menurut mereka bisa dibilang sudah menjadi gaya hidup mereka sehari-hari, statement yang biasanya mereka bilang “Nggak bisa hidup dan terlepas dari gadget, rasanya berat kalau gak ada gadget yang di genggam”

Perkembangan teknologi berlangsung secara evolutif. Sejak zaman Romawi Kuno pemikiran dan hasil kebudayaan telah nampak berorientasi menuju bidang teknologi. Akibat dari munculnya teknologi seperti gadget maka semakin mudah pula orang untuk berinteraksi dengan rekan lintas Negara. Karena semakin mudah untuk berinteraksi maka terjadilah globalisasi.


A.    PENGERTIAN
Definisi Gadget Menurut Wikipedia, Gadget (Bahasa Indonesia: acang) adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. Gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya. Contohnya: komputer, handphone, game konsole, dan lainnya.
Gadget adalah sebuah obyek (alat atau barang elektronik) teknologi kecil yang memilki fungsi khusus, tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Gadget selalu diartikan lebih tidak biasa atau didesain secara lebih pintar dibandingkan dengan teknologi normal pada masa penemuannya. Gadget kadang juga disebut dengan gizmos.[1]

1.      Masalah-masalah yang ditemui
Kita sebut saja juga masalah-masalah umum yang kita temui tiap harinya yaitu pencurian, apalagi gadget bisa digunakan untuk menyebarluaskan contekan untuk siswa-siswi di sekolah, beredarnya foto dan video asusila, pembuatan video asusila yang dibuat oleh beberapa oknum siswa, resiko kecelakaan pada saat berkendara.
Secara tidak sadar saat ini manusia sudah mengalami ketergantungan (konsumerisme) dengan gadget, dan itu sudah menjadi salah satu dampak negatif adanya gadget. Terbayang tidak jika kalian harus berpisah dengan handphone dalam waktu 1 hari saja, pasti ada perasaan yang mengganjal.
Variasi gadget yang bermacam-macam kadang juga menimbulkan rasa minder atau iri yang mengakibatkan adanya kelompok-kelompok atau gank berdasarkan gadget yang dimiliki. Ambil contoh saja dalam sebuah komunitas ada yang punya Blackberry dan selebihnya hanya HP china murahan dengan fitur seadanya, bisa bayangkan sendiri kan yang terjadi. Karena adanya rasa tidak puas terhadap gadget yang dimiliki, maka kaum remaja selalu membeli lagi gadget versi terbaru dan membeli lagi gadget yang lebih baru lagi dengan berbagai alasan seperti gengsi jika tidak mengikuti perkembangan jaman, karena lingkungan yang menerapkan budaya konsumerisme, karena kurangnya kasih sayang sehingga menghibur diri dan menyibukkan diri dengan berbagai berbagai gadget yang ada, dan itu semua dapat ditutupi dengan alasan “sebagai penunjang dalam memenuhi kebutuhan remaja”.
Parahnya lagi tidak ada batasan umur untuk pengguna gadget, mulai dari anak kecil sampai orang tua bisa kita lihat memiliki handphone, karena akses informasi yang mudah tanpa filter akibatnya anak-anak dibawah umurpun mampu mengakses informasi yang seharusnya belum boleh diakses seperti pornografi. Apalagi saat ini harga barang-barang gadget yang beredar dipasaran sudah terjangkau bahkan untuk ukuran kantong anak sekolah. Tentunya tak lama lagi gadget-gadget canggih ini akan menyebar luas disetiap kalangan dan tak akan terbendung lagi[2].

2.      Proses masuknya Gadget di kalangan remaja
Proses masuknya gadget di kalangan remaja  dengan berbagai faktor, Saat ini Perkembangan Dunia Teknologi peranti lunak sudah menembus sampai ke tingkat pedesaan, hal ini merupakan sebuah kemajuan khususnya di bidang Teknlogi Informasi. Bayangan, penduduk didaerah pedesaan sangat banyak memakai Smarphone, android , I-Pad, Laptop dan lan sebagainya. Sehingga memudahkan mengakses dunia Informasi.
Bandingkan, pada masa lalu Instrumen semacam itu hanya dimiliki oleh kalangan menengah keatas dan hanya di kawasan Kota-kota besar, Dapat dikatakan orang desa sangat jarang memiliki Gadget sehingga kemajuan meninggalkan mereka. Baik ketinggalan Informasi, perkembangan cakrawala, dan ketinggalan berita peristiwa yang terjadi didaerah lain dan belahan bumi lainnya.
Gadget masuk di kalangan remaja dengan perlahan dan tidak disadari oleh  remaja yang menjadi korban perkembangan gadget, alasan yang sangat klasik dari seseorang yang di wawancarai seputar perkembangan gadget yang marak di kalangan remaja, Menurutnya gadget bukan hanya sebagai wahana atau media komunikasi tapi di jadikan sebagai ajang bergangsi yang menuntut semua remaja untuk selalu mengikuti tren baru dari maraknya  gadget atau gadget di jadokan sebagai life style yang menyebabakan kesenjangan ssial terjadi di kalangan ekonomi bawah,menengah,dan ekonomi atas.[3]
3.      Pengaruh negatif dari perkembangan Gadget
Dengan berkembangnya gadget di semua kalangan terutama dikalangan remaja mengakibatkan banyaknya kerugian dari segi kehidupan, seperti dampak penggunaan gadget terhadap kesehatan, hilangnya budaya akibat maraknya gadget, sosialisasi tidak sempurna dan banyak orang yang merugi akibat penipuan dan lain lain. Berikut akan di kemukakan beberapa kerugian dari aspek kehidupan.
a)      Segi kesehatan
ü  Peningkatan resiko kanker dari penggunaan ponsel karena radiasi yang di berikan.
ü  Penggunaan ponsel lebih dari 30 menit bisa mengakibatkan ketulian (acoustik neourema).
ü  Penggunanaan cahaya  atau pencerahan maksimal secara berkala pada ponsel,komputer, tablet dan lain bisa mengakibatkan perih pada mata dan lebih parahnya bisa menimbulkan rabun dekat.

b)      Segi budaya
ü  Lunturnya adat atau kebiasaan yang berlaku di daerah tersebut krena kesibukan menggunakan gadget.
ü  Masuknya budayabarat secara perlahan tanpa adanya filterasi dari mereka yang mengikuti.
ü  Hilangnya rasa nasionalisme dan lebih cinta pada prodak asing.
ü  Konsumerisme



c)      Segi sosial
ü  Cenderung autis atau asyik dengan gadgetnya sendiri sehingga tidak memperhatikan hal-hal yang ada disekitarnya.
ü  Malas belajar/kurangnya perhatian terhadap pelajaran
ü  Malas bantu orangtua
ü  Tidur sampai larut malam (baca BBM,sms,telfon,online)
ü  Cenderung tidak bisa mengkontrol diri sendiri akibat sosialisasi yang terjadi secara tidak langsung
ü  Bakal lupa waktu. Kalau tidak bisa atur waktu
ü  Informasi yang begitu terbuka, sehingga Anak dapat membuka informasi yang negatif seperti seks dan pornografi
ü  Sekolah diduakan[4]
ü  Lebih banyak konflik yang terjadi dan tidak ada upaya untuk menyelesaikan masalah.
ü  Cenderung cepat bosan ketika ada orang yang menasehati.
ü  Banyak mengeluh ketika sbanyak masalah.
ü  Egois tidak tekendali
ü  Orang-orang disekitanya selalu dijadikan korban kemarahannya.
ü  Orang yang yang banyak bergaul dengan gadget hidupnya sedikit tidak teratur.[5]

d)     Segi ekonomi
Banyak terjadi kerugian akibat perkembangan gadget di bidang ekonomi seperti adanya atau banyaknya penipuan, keuangan tidak stabil di setiap keluarga akibat harus memenuhi keinginan anaknya membeli gadget terbaru. Dan masih banyak lagi kerugian yang diakibatkan oleh perkembangan gadget tanpa di sadarii dari segi keilmuan.

e)      Segi Agama
ü  Jarang Solat

4.      Pengaruh positif dari perkembangan gadget
Dengan perkembangan gadget yang begitu cepat dan tidak terkendali sehingga banyaknya sisi negatif yang di timbulkan seperti yang telah di kemukakan di atas, di sisi lain tidak hanya dampak negatif saja yang di timbulkan tetpai ada sisi positif yang di timbulkan dari perkembangan gadget, seperti berikut ini:
ü  Anak yang bergaul dengan dunia gadget cenderung lebih kreatif
ü  Mudahnya melakukan akses ke luar negeri.
ü  Manusia menjai lebih pintar berinovasi akibat perkembangan gadget yang menuntut   mereka untuk hidup lebih baik.
ü  Dapat menghubungi teman, keluarga, dengan gampang walaupun jauh kapanpun dan dimana saja berada
ü  Dapat bertukar pikiran dengan orang lain secara mudah walaupun jarak jauh
ü  Bisa nonton,dengar,download video/music secara gratis tanpa membuang banyak uang
ü  Mencari informasi tentang pelajaran-pelajaran yang belum diketahui dengan mudah
ü  Untuk melihat perkembangan dunia
ü  Menyalurkan bakat dan hobi[6]

5.      Peran Orang Tua
ü  Memberi Pengertian
ü  Menjadi Gerbang Teknologi
ü  Mengakomodasi Kesenangan Anak
ü  Batasi Waktu Pemakain Gadget
ü  Keterbukaan komunikasi
ü  Orang tua harus terlibat dengan anak saat online[7]


BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Kalangan remaja khususnya siswa-siswi menganggap gadget sebagai kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari karena adanya kebiasaan yang dilakukan dengan menggunakan gadget sehingga menjadi membudaya. Remaja melakukan konsumerisme gadget karena untuk memenuhi kebutuhan, namun pada kenyataan yang ada justru hanya untuk mendapatkan prestise yang tinggi, mengikuti perkembangan jaman dan korban teknologi. Gadget dapat sangat berguna jika memang digunakan sesuai dengan kegunaan yang sesungguhnya dan juga jika digunakan dengan porsi yang benar. Karena konsumerisme dapat terjadi persaingan dan kesejangan social didalam masyarakat Remaja masa kini belum dapat menggunakan gadget secara maksimal.






DAFTAR PUSTAKA
Dyaniz, Pengaruh Perkembangan Gadget Terhadap Remaja. http://webdyaniz.blogspot.com/2013/03/pengaruh-perkembangan-gadget-terhadap.html diakses pada Minggu, 22 Desember 2013, pukul 23.11 WIB
Jesica Suyanto, Dampak Konsumerisme Gadget Di Kalangan Remaja. http://jesicasuyanto.blogspot.com/2013/01/dampak-konsumerisme-gadget-di-kalangan.html. Diakses pada Minggu, 22 Desember 2013, pukul 20.45 WIB
Kizzi, Artikel Tenteng Teknologi Dilihat dari Dampakyang Ditimbulkan Remaja. http://www.kizzio.com/333-artikel-tentang-teknologi.htm. Diakses Pada Sabtu, 28 desember 2013, pukul 12.11 WIB
Okaliana, Gadget Freak – Positif VS Negatif Gadget Bagi Remaja. http://okalina.com/positif-dan-negatif-gadget-freak.php3. Diakses pada Sabtu, 21 Desember 2013, pukul 09.32 WIB
Rumah Sakit Mitra Keluarga, Dampak Negatif Teknologi Gadget Terhadap Proses Perkembangan Anak. http://www.mitrakeluarga.com/surabaya/dampak-negatif-teknologi-gadget-terhadap-proses-perkembangan-anak/ diakses pada Selasa, 26 November 2013, pukul 23.20 WIB



[1]Dyaniz, Pengaruh Perkembangan Gadget Terhadap Remaja. http://webdyaniz.blogspot.com/2013/03/pengaruh-perkembangan-gadget-terhadap.html diakses pada Minggu, 22 Desember 2013, pukul 23.11 WIB
[2]Jesica suyanto, Dampak Konsumerisme Gadget Di Kalangan Remaja. http://jesicasuyanto.blogspot.com/2013/01/dampak-konsumerisme-gadget-di-kalangan.html. Diakses pada Minggu, 22 Desember 2013, pukul 20.45 WIB
[3]Dyaniz, Pengaruh Perkembangan Gadget Terhadap Remaja. http://webdyaniz.blogspot.com/2013/03/pengaruh-perkembangan-gadget-terhadap.html diakses pada Minggu, 22 Desember 2013, pukul 23.11 WIB

[4]Kizzi, Artikel Tenteng Teknologi Dilihat dari Dampakyang Ditimbulkan Remaja. http://www.kizzio.com/333-artikel-tentang-teknologi.htm. Diakses Pada Sabtu, 28 desember 2013, pukul 12.11 WIB
[5]Okaliana, Gadget Freak – Positif VS Negatif Gadget Bagi Remaja. http://okalina.com/positif-dan-negatif-gadget-freak.php3. Diakses pada Sabtu, 21 Desember 2013, pukul 09.32 WIB
[6]Jesica suyanto, Dampak Konsumerisme Gadget di Kalangan Remaja. http://jesicasuyanto.blogspot.com/2013/01/dampak-konsumerisme-gadget-di-kalangan.html. Diakses pada Minggu, 22 Desember 2013, pukul 20.45 WIB

[7] Rumah Sakit Mitra Keluarga, Dampak Negatif Teknologi Gadget Terhadap Proses Perkembangan Anak. http://www.mitrakeluarga.com/surabaya/dampak-negatif-teknologi-gadget-terhadap-proses-perkembangan-anak/ diakses pada Selasa, 26 November 2013, pukul 23.20 WIB

5 komentar:

  1. hay, saya pradhita. kalo saya mau memasukkan artikel saya ke blog kamu bisa atau tidak ya? kalo boleh saya minta kontak kamu, dan ini email saya pradhita_wulandari@yahoo.com

    terimakasih :D

    BalasHapus
  2. BavetlineOke Dapat Credit 100K Dengan Membayar 70K Saja !!

    Prediksi Sunderland Vs Manchester United 09 April 2017

    Daftarkan Dengan Kode Referall “ BAVETJ 02 “ Anda Deposit 70K Dapat 100K Hanya Di

    ( BAVETLINEOKE.COM ) / http://bavetline88.com/

    BalasHapus